Cara Menangani Anak 1 Tahun Susah Makan

Cara Menangani Anak 1 Tahun Susah Makan

Apabila buah hati mengalami susah makan, pasti semua orangtua akan bingung dan khawatir. Apakah Mama salah satu orang tua yang kebingungan dan mencari tahu cara menangani anak susah makan? Jika benar seperti itu, dalam artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap dan rinci cara menangani anak yang susah makan. Sebelumnya perlu kita ketahui bahwasanya susah makan paling banyak dialami oleh anak satu tahun. Mengapaketika anak memasuki usia satu tahun pola makannya menjadi berubah dan tak lagi selahap saat usianya dibawah satu tahun? Hal ini dikarenakan sistem otak yang berkaitan dengan indra pengecapnya sudah hampir bekerja maksimal, hal ini menyebabkan apa yang dirasakan oleh lidahnya akan merangsang kesistem otak dimana otak akan memerintah agar si Kecil hanya menyukai makanan yang menurutnya enak, dan menolak makanan yang menurutnya tidak enak.

Berikut Adalah Cara Menangani Anak 1 Tahun Susah Makan

  • Jangan Membahas Masalah Dimeja Makan

Jangan membawa masalah lain kemeja makan, Kadang-kadang, orang tua membahas keuangan atau merencanakan jadwal sekolah anak selama waktu makan, waktu makan bersama adalah waktu yang langkah dan jangan merusak momen itu. Karena itu, jangan mendiskusikan hal serius hal ini akan membuat anak malah menjadi setres dan membunuh nafsu makan si Kecil, cobalah untuk bercerita hal-hal yang menyenangkan dan si Kecil pun perlahan akan menghabiskan makanan dipiringnya.

Menangani Anak 1 Tahun Susah Makan

  • Giat Olahraga

Ini adalah pengetahuan umum bahwa bermain atau berolahraga meningkatkan nafsu makan. Bukan hanya si Kecil yang harus giat berolahraga agar nafsu makannya membaik, anda sebagai orangtua pun harus giat berolahraga, ajaklah si Kecil berolahraga bersama. Karena jika orangtuanya tdak berolahraga anak pun tidak akan berolahraga. Jika nafsu makan buah hati anda menurut terapkan olahraga dengan giat dan rasa lapar pada si Kecil akan muncul lebih sering.

Cara Menangani Anak 1 Tahun Susah Makan

  • Menawarkan Minum Air 30 Menit Sebelum Waktu Makan

Anak-anak harus minum air putih di pagi hari, bahkan sebelum minum susu. Minum air putih dapat diberikan pada anak tiga puluh menit sebelum sarapan, cara ini akan efektif mencegah minum disela-sela makan yang kemungkinan membuatnya tidak akan menghabiskan makanannya.

  • Buatlah Jadwal Makanan

Sebenarnya seluruh aktivitas si Kecil harus terjadwal karena dia belum bisa menangani sendiri apa yang henda dia lakukan sehari-hari, termasuk dalam urusan makan. Alangkah baiknya jika si Kecil memiliki jadwal makan, tiga kali sehari. Terdiri atas sarapan pagi, makan siang dan makan malam, dengan jeda masing-masing 4 jam.

  • Tawarkan Air Jeruk Nipis Segar

Ketika anak Anda rewel atas makanan dan mengatakan bahwa dia tidak lapar, tawaran air jeruk nipis dengan tambahan gula agar manis dan segar, bukan air putih. Air jeruk nipis dapat meningkatkan pencernaan dan nafsu makan.