Cara Atasi Anak Susah Makan

Cara Atasi Anak Susah Makan

Sebelum kita membahas cara atasi anak susah makan, wajib bagi Mama untuk mengetahui apa penyebabnya sehingga si Kecil menjadi susah makan. Apakah buah hati anda sekarang berusia 1 tahun? Banyak kasus susah makan yang dialami oleh anak usia satu tahun keatas karena pada usia ini anak-anak sudah mulai biasa pilih-pilih makan. Hal itu biasa juga dialami oleh balita dan bayi oleh karena itu wajib juga Mama mengetahui gejala picky eaters untuk cara atasi balita susah makan dan cara atasi bayi susah makan.

Berikut akan kami jelaskan cara agar masalah susah makan Buah hati Bunda dapat segera teratasi

Mama tidak bisa memaksakan kehendak Mama sendiri tanpa adanya keinginan dari si kecil yah Mam, termasuk memaksa si Kecil untuk makan. Hal itu tidak ada gunanya, kalaupun pada akhirnya si Kecil akan makan karena paksaan dari Mama, maka cara makannya pun tidak akan serius. Cara yang paling tepat adalah biarkan si Kecil memilih makanan apa yang hendak dia makan, namun dengan catatan gizi harus tetap terpenuhi yaa Mam. di luar dari cara ini akan berhasil atau tidak, setidaknya Mama tidak melakukan pemaksaan pada si Kecil yaa Mam.

Cara Atasi Anak Susah Makan

Cara Atasi Anak Susah Makan

Selain itu juga yang penting untuk Mama perhatikan adalah jangan menuntut anak-anak agar membersihkan bekas makanannya. Namanya juga anak-anak kan Mam, Mama pun dulu pernah menjadi anak-anak dan merasakan bagaimana rasanya jika kita dituntut untuk tidak boleh meninggalkan meja makan sebelum bekas makanannya dibereskan. Adam Strauss M.D., seorang dokter anak di Westwood, Mansfield, MA. Menyarankan agar para orangtua berhati-hati dalam kata yang bersifat memerintah anak-anak “Ketika orang tua menuntut anak-anak mereka makan makanan tertentu, mereka justru melampirkan konotasi negatif pada anak. Dan akibat dari itu adalah keadaan semakin memburuk, anak-anak bisa saja tidak mau menyentuh makanan dipiring atau mendorongnya saat hendak diberi suapan” jelasnya.

Berikan pujian sederhana, bahkan jika ia hanya mencoba makanan dalam satu gigitan saja. Misalnya: “Anak pintar!” atau “Horee.. kamu sangat hebat Nak ayoo coba satu gigitan lagi!!” pujian berguna untuk menambah semangat anak-anak, seperti yang kita ketahui Mam anak-anak sangat menyukai pujian.