Anak Satu Hingga Dua Tahun Susah Dan Tidak Mau Makan

Anak Satu Hingga Dua Tahun Susah Dan Tidak Mau Makan

Saat mulai menginjak usia satu tahun keatas anak-anak pada umumnya akan mengalami susah makan, susah makan pada usia tersebut adalah hal yang wajar dan biasa terjadi khususnya pada anak usia satu hingga dua tahun. Lalu kemudian beberapa orang tua lantas menjadi sangat khawatir apalagi jika si Kecil sampai tidak mau makan sama sekali, hal itu juga wajar dialami bagi orang tua yang anaknya memiliki masalah pada makan. Semua orang tua pasti akan khawatir jika mendadak ia jadi kesulitan memberi makan pada anaknya, apalagi jika sebelumnya si Kecil adalah anak yang tergolong lahap soal makan. Beberapa perubahan besar memang banyak terjadi seiring pertumbuhan si Kecil, selain perubahan fisik, sifatnya pun mulai banyak mengalami perubahan. Contoh, si Kecil sudah mulai menolak sesuatu yang tidak diinginkan dengan tindakan, seperti mendorong saat hendak diberi suapan, menggeleng atau memuntahkan makanan.

Biasanya tindakan-tindakan tersebut akan dilakukan oleh anak usia satu tahun. Hal pertama yang harus Mama cari tahu adalah penyebab mengapa anak 1th susah makan. Jika si Kecil tidak sedang mengalami sakit atau proses tumbuh gigi, namun mengalami susah makan, beberapa hal berikut harus Mama perhatiakan.Anak Satu Hingga Dua Tahun Susah Dan Tidak Mau Makan

  1. Anak-anak mulai pintar memilih-milih makanan yang menurutnya enak bukan makanan yang bergizi atau picky eaters.
  2. Si Kecil tidak pernah merasa lapar dan merasa kenyang terus dikarenakan terlalu banyak ngemil.
  3. Memiliki elergi pada makanan, yang disebabkan karena pada usia ini sistem pencernaan anak-anak belum matang, masalah ini bisa anda konsultasikan kepada ahlinya, misal dokter atau ahli gizi.

Anak Satu Hingga Dua Tahun Susah Dan Tidak Mau Makan

Jika susah makan ini masih menjadi masalah di tahun-tahun berikutnya hingga anak memasuki usia dua tahun. Mungkin ada sesuatu yang salah dalam hal penyajian makan untuk si Kecil sehingga menyebabakan anak 2 tahun susah makan. Dan beberapa hal yang perlu anda rubah dan yang paling harus anda perhatikan adalah menu makanan yang anak sukai namun juga tidak mengurangi nilai gizi yang dibutuhkan si Kecil.

Beberapa rekomendasi makanan dari kami yang bisa anda berikan untuk si Kecil sebagai berikut.

Sayuran

Pilih sayuran yang memiliki warna cerah selain dapat menarik perhatian si Kecil, sayuran yang berwarna cerah juga kaya akan fitokimia yang dapat melawan penyakit kanker dan jantung koroner.

Daging ayam

Karena kandungan lemak yang rendah dibanding daging lainnya maka daging ayam cocok jika dikonsumsi oleh anak usia satu sampai dua tahun dan tidak perlu khawatir yah Mam, dengan mengkonsumsi daging ayam buah hati anda akan jauh dari resiko mengalami obesitas.

Nasi Merah

Selain warnanya yang mencolok sehingga disukai anak-anak. Nasi merah juga baik untuk si Kecil karena dapat lebih lama diserap tubuh. Hal ini disebabkan karena nasi merah mengandung karbohidrat kompleks, vitamin B, protein, dan mineral yang dapat menghasilkan banyak energi yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil.

Baca Juga : Vitamin Untuk Anak

Ikan

Ikan termasuk salah satu daftar menu favorit bagi anak-anak karena kebanyakan anak usia dua tahun menyukai cita rasa gurih pada ikan. Selain itu ikan juga akan membuat daya ingat dan pertumbuhan otak anak menjadi lebih baik loh Mam.

Ubi

Rasa ubi yang manis sehingga tak jarang anak-anak yang menolak makanan ini, disamping itu ubi mengandung vitamin C dan A serta dapat melindungi tubuh si Kecil dari serangan penyakit karena ubi juga mengandung fitokimia.

Wortel

Wortel dengan warna orange yang menjadi daya tarik bagi si Kecil juga cita rasa manis yang ringan, ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk buah hati anda diantaranya mempertajam penglihatan mata si Kecil.

Tomat

Tomat mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyakit serius seperti jantung dan kanker. Mama boleh sekali-sekali menambahkan campuran tomat pada menu makan si Kecil.

Susu

Bukan hanya makanan yang menunjang pertumbuhan si Kecil yah Mam. minuman yang bergizi juga penting untuk dikonsumsi oleh buah hati anda. Susu merupakan minuman favorit anak-anak yang kaya akan kalsium dan vitamin D yang dapat membuat tulang si Kecil kuat dan tidak mudah rapuh.

Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah andalan yang difavoritkan anak-anak karena cita rasa asam manisnya. Selain itu seperti yang kita telah ketahui jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C.

Mam semoga beberapa rekomendasi makanan yang kami sarankan tersebut diatas dapat menyelesaikan permasalahan makan yang dialami oleh anak anda yah. Semua tergantung dari pribadi anda sendiri, dari cara anda mendidik buah hati anda. Jangan biarkan dia tumbuh menjadi anak yang manja dan terus bergantung pada orang tuanya hingga dia dewasa nanti.

Mulai sekarang cegah sebisa mungkin saat anak anda mulai menjadi pilih-pilih dalam hal makanan. Karena, dengan membiarkannya terus menerus seperti itu akan membawa dampak negatif. Memang anak dua tahun yang pilih-pilih makanan awalnya hanya akan mengalami susah makan namun, lama-kelamaan anak 2 tahun tidak mau makan sama sekali. Jadi cegah anak anda agar tidak menjadi pilih-pilih makanan.