Vitamin untuk Anak Susah Makan

Perlunya Memberikan Vitamin untuk Anak Susah Makan

Vitamin untuk anak susah makan dapat menjadi jalan keluar untuk mencukupi kebutuhan gizi yang tidak diperoleh anak karena susah makan. Apalagi vitamin merupakan nutrisi esensial bagi pertumbuhan anak.

Vitamin sebagai Nutrisi Esensial bagi Anak Susah Makan

Pertumbuhan pada anak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Maksudnya di sini adalah nutrisi yang diperoleh anak harus seimbang, tidak kekurangan maupun berlebihan. Dalam masa pertumbuhannya, anak membutuhkan nutrisi esensial dan non esensial.

Nutrisi esensial merupakan nutrisi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga bersumber dari makanan yang memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh anak dalam jumlah yang cukup banyak dibandingkan nutrisi lainnya. Misalnya protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin. Sementara nutrisi non-esensial yang dapat dibentuk dalam tubuh hanya apabila kebutuhan nutrisi esensial terpenuhi. Misalnya asam amino yang dapat dibentuk dari protein yang dikonsumsi anak.

Perlunya Memberikan Vitamin untuk Anak Susah Makan

Vitamin untuk Anak Susah Makan

Pengaruh Vitamin untuk Anak Susah Makan

Salah satu penyebab anak susah makan adalah adanya gangguan pada pencernaan maupun daya tahan tubuh anak. Hal ini dapat terjadi karena anak kekurangan vitamin. Vitamin berperan penting dalam peningkatan daya tahan tubuh dan menjaga kekuatan tulang dengan menangkal perkembangan radikal bebas di dalam tubuh dan perbaikan DNA. Sehingga anak tetap sehat. Anak yang sehat tentunya memiliki nafsu makan yang baik nantinya.

Pemberian Vitamin untuk Anak Susah Makan

Berbagai vitamin yang dibutuhkan untuk mengatasi anak susah makan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan anak yang memiliki nafsu makan yang normal. Namun, dalam hal anak susah makan pasti tidak mendapatkan asupan vitamin karena kurangnya sumber makanan yang mengandung vitamin untuk dikonsumsi. Vitamin yang paling dibutuhkan oleh anak yang susah makan antara lain:

  1. Vitamin A, dapat diperoleh dari sayuran maupun buah seperti wortel dan tomat, telur, hati, dan susu murni.
  2. Vitamin B2, dapat diperoleh dari sayuran hijau, susu, dan hati.
  3. Vitamin B6, dapat diperoleh dari kacang hijau, daging, dan kentang.
  4. Vitamin B12, dapat diperoleh dari telur, susu, dan keju.
  5. Vitamin C, dapat diperoleh dari buah-buahan berwarna kuning dan merah.
  6. Vitamin E, diperoleh dari susu, telur, dan minyak sayur. Vitamin E ini berfungsi memperpanjang usia vitamin A dan C.

Pemberian nutrisi di atas dapat dilakukan melalui variasi makanan yang diberikan kepada anak setiap hari, baik dari pengolahan maupun penghidangannya. Selain itu, dapat pula dengan memberikannya secara sintesis melalui suplemen yang dapat diperoleh dari dokter setelah konsultasi terlebih dahulu, karena pemberian vitamin secara berlebihan juga tidak baik untuk keseimbangan pertumbuhan anak. Oleh karena itu perlu perhatian khusus dalam pemberian vitamin untuk susah makan.