Kiat Untuk Menambah Selera Makan Bagi Anak

Kiat Untuk Menambah Selera Makan Bagi Anak yang Susah Makan

Susah makan sudah menjadi hal yang wajar dialami oleh anak-anak terutama bayi yang baru menginjak usia 1 tahun. Sebelum mengetahui cara menangani anak yang susah makan Mamah harus mengetahui gejala-gejalanya sebagai berikut :

  • Si kecil tiba-tiba saja kehilangan selera makannya.
  • Saat usia satu tahun rasa ingin tahunya lebih besar ketimbang, keinginanan untuk makan.

  • Usia satu tahun adalah usia kebanyakan balita mulai tumbuh gigi.
  • Biasa si kecil sedang tidak enak badan misal pilek atau batuk.
  • Anak memakan makanan manis atau makan cemilan sebelum makan makanan pokok.

Kiat Menambah Selera Makan Bagi Anak yang Susah Makan

Kiat Untuk Menambah Selera Makan Bagi Anak yang Susah Makan

Sebagai orang tua pastinya kita sedikit kewalahan tiba-tiba si kecil menjadi susah makan padahal sebelumnya mungkin si kecil cukup lahap makan, jika beberapa solusi sudah dicoba lakukan untuk mengatasi ini namun, banyak yang meleset dari harapan mamah. Hal ini biasa terjadi karena mungkin Mamah belum mengerti porsi untuk si kecil, berikut solusinya kami akan jelaskan secara detail untuk mengatasi anak susah makan

Berikut beberapa kiat agar anak mau makan yang harus mamah ketahui.

  1. Saat memberi makan si kecil akan lebih mudah jika sambil menayangkan film kartun kesukaannya, karena saat menonton kartun kesukannya si kecil akan reflek membuka mulutnya saat sendok didekatkan kemulutnya.
  2. Arahkan pandangan si keci keatas karena dengan mendongak keatas mulut si kecil otomatis akan terbuka nah saat ia membuka mulutnya masukan makanan perlahan kedalam mulut si kecil contohnya pegang sesuatu yang berbunyi missal handphone atau mainan anak-anak yang mengeluarkan bunyi.
  3. Di usia balita si kecil akan sangat suka menggigit apapun nah, Mamah berikan ia mainan yang aman dan bersih agar bisa di gigit saat ia hendak menggigit mainan tersebut secepatnya masukan makanan kemulutnya.
  4. Buatlah si kecil berimajinasi seolah ia sedang dalam perlombaan yaitu saat anda berhasi memasukkan makanan ke mulutnya anda berkata “Horeee” atau tepuk tangan.
  5. Anda Bisa meminta bantuan si Papah nih Mam untuk makan di hadapan si kecil saat ia ternganga melihat Papahnya sedang makan maka suapkan makanan kemulutnya. Jika Papahnya lagi gak ada bisa juga kok minta bantuan orang lain.
  6. Selang-seling menu makan agar si kecil tidak bosan contohnya dengan memfariasikan dalam satu menu terdapat bubur tim dan buah. Satu atau dua kali sendokan bubur lalu selingi dengan buah hal ini juga dapat membuat si kecil lahap makan dan tambah selera makan.
  7. Berikan tambahan rasa contohnya kecap manis dan bawang goreng namun hindari menambahkan MSG atau vetsin yah Mam.