Agar Anak Mau Makan

Ini Dia 8 Tips Agar Anak Mau Makan

Tips agar anak mau makan berikut ini bisa Anda terapkan pada anak usia balita atau usia 6-12 tahun, pastinya dengan tujuan agar sang anak bisa mendapatkan asupan nutrisi cukup untuk tumbuh kembangnya.

  • Terapkan pola “makan bersama”

Untuk menjalin rasa kebersamaan dan rasa nyaman pada si kecil, terapkanlah pola “makan bersama” dimana para anggota keluarga duduk bersama dan menikmati makanan setiap jam makan. Anda bisa membuat sang anak mengalami kehangatan psikologis yang secara tidak langsung membuat nafsu makan anak meningkat dan tidak pernah melewatkan waktu makannya.

  • Penyajian dalam porsi kecil

Agar tumbuh kembang anak tidak terganggu hanya karena pola makan yang tidak teratur, sajikan makanan dalam porsi kecil setiap jam makan dan melengkapinya dengan cemilan sehat seperti buah atau salad. Dengan pola saji sedikit tetapi dengan intensitas makan yang cukup sering, nutrisi yang terserap akan lebih banyak dan proses metabolisme anak bisa berlangsung lebih optimal.

  • Jangan berikan makanan bersamaan dengan susu

Ketika Anda ingin anak mengkonsumsi makanan sampai habis tanpa menyisakan apapun di piringnya, pastikan Anda tidak menyajikan makanan bersamaan dengan susu atau jus. Hal tersebut karena kandungan serat dan protein yang terdapat dalam susu maupun jus umumnya lebih cepat membuat anak kenyang daripada makanan yang disediakan didepannya. Saat jam makan tiba, sajikan saja makanan bersama air putih hangat yang membantu melancarkan penyerapan nutrisi. Sediakan jeda sekitar 30-60 menit dari jam makan untuk anak mengkonsumsi susu sebanyak 300ml.

Ini Dia 8 Tips Agar Anak Mau Makan

  • Terapkan desain menu variatif

Saat Anda ingin sang buah hati memiliki nafsu makan yang cukup besar, terapkan desain menu yang variatif setiap harinya. Dengan begitu, sang anak tidak akan mudah merasa bosan dan senang mengingat rasa penasaran yang timbul untuk mengetahui menu apa yang akan disajikan selanjutnya. Sebagai contoh, hari senin, Anda memasak bola kentang dan onigiri, sedangkan hari kedua Anda memasak nasi goreng kornet dan salad buah. Hari ketiga, Anda memasak oseng tahu dan perkedel kentang, serta menu lain untuk hari berikutnya.

Ini Dia 8 Tips Agar Anak Mau Makan

  • Jangan membiarkan anak bermain saat makan

Ketika jam makan tiba, biasakan pola makan dengan tenang di meja makan dan tidak membiarkan anak menyentuh apapun yang bisa mengurangi nafsu makannya, seperti televisi, mainan, atau handphone. Dengan begitu, sang anak bisa fokus menikmati makanannya dan Anda tetap bisa memastikan asupan nutrisi sang buah hati terpenuhi.

  • Buat makanan dengan bentuk yang menarik

Untuk meningkatkan nafsu makan anak, buatlah aneka makanan dalam bentuk yang menarik, seperti bentuk hewan, karakter kartun, atau bentuk benda (bintang, matahari, bulan sabit, dan lainnya). Dengan demikian, nafsu makan anak akan meningkat dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh dapat terserap dengan baik. Namun demikian, sebagai orangtua, pastikan Anda terus melakukan kreasi menu dengan berbagai bahan yang sehat agar sang anak juga terhindar dari penyakit berbahaya.

  • Olah makanan yang tidak disukai dalam bentuk tertentu

Ketika sang anak tidak suka jenis bahan makanan tertentu, olahlah bahan tersebut menjadi bentuk makanan yang tidak terlihat bentuk aslinya oleh anak. Misalnya saja saat buah hati Anda tidak suka wortel, Anda bisa mengolahnya dalam bentuk jus dengan mencampurnya bersama alpukat, pisang, dan blueberry.

  • Tambahkan madu untuk meningkatkan nafsu makan

Tips agar anak mau makan berikutnya adalah dengan menambahkan madu kedalam aneka olahan makanan anak. Hanya saja untuk cara ini, Anda tetap harus memperhatikan dosis pakai per hari dan tambahan bahan apa saja yang bisa dipakai untuk mengoptimalkan khasiat madu. Dari sekian banyak jenis madu yang beredar di pasaran, madu Laperma Platinum adalah jenis madu yang sangat efektif untuk meningkatkan nafsu makan anak. Madu Laperma Platinum yang bisa diperoleh melalui website www.laperma.co.id terbuat dari aneka bahan alami berkualitas dan pastinya terjamin higienis. Pemakaiannya dalam jangka panjang juga menjamin putra-putri Anda tumbuh sebagai anak yang sempurna. Anda bisa membuat berbagai menu dengan tambahan madu Laperma seperti kue muffin, salad manis, bubur oatmeal, jus buah, dan lainnya.